Konsultasi & Audit Tata Kelola TI

Tata kelola TI (Teknologi Informasi) adalah bagian dari implementasi Good Corporate Governance dengan tujuan untuk memberikan suatu dasar yang terstruktur yang dapat merelasikan serta mengharmoniskan proses-proses TI, sumberdaya TI, serta informasi yang dibutuhkan organsasi dalam menerapkan strateginya untuk mencapai sasaran organisasi. Tata kelola TI pada dasarnya adalah metode yang memadukan dan mengoptimalisasikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan akuisisi dan implementasi, delivery dan support, serta monitoring dan evaluasi kinerja dari teknologi informasi. 

Hal penting untuk diketahui bersama bahwa Tata Kelola TI adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan dalam  pelaksanaan tata kelola organisasi atau perusahaan. Caranya dengan memastikan adanya peningkatan yang terukur terhadap efisiensi dan efektivitas proses bisnis organisasi. Kami menyediakan layanan yang terkait dengan Tata Kelola Teknologi Informasi sebagaimana berikut di bawah ini :

Informasi lebih terperinci terkait dengan layanan konsultasi dan audit tata kelola teknologi informasi kami bisa berkontak dengan kami di alamat email : sales@computindo.net atau Telp/WA : 081219247878.

Tata Kelola IT dengan COBIT

Proses penyusunan Tata Kelola Teknologi Informasi akan menggunakan kerangka kerja Tata Kelola TI COBIT. Proses pembuatan akan di mulai dengan proses asessmen Tata Kelola TI kemudian hasil asessmen akan dijadikan dasar dalam penyusunan Tata Kelola TI.

COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah suatu kerangka kerja untuk audit sistem informasi berikut dengan dasar pengendalian dan implementasi teknologi informasi yang disusun dan disebarluaskan oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association). Pada dasarnya kerangka COBIT merupakan standar terhadap kendali-kendali yang umum berlaku di dunia teknologi informasi dimana kerangka kerja ini dapat diterima dan diterapkan secara global.

Benefit Penerapan Tata Kelola TI

  • Memberikan peningkatan pada  koordinasi dan rencana layanan TI dengan bisnis atau organisasi.
  • Menjadi referensi mutu penyelenggaraan TI.
  • Mempermudah proses  monitoring dan evaluasi pelaksanaan TI.
  • Merupakan panduan sesuai good practices dalam penyelenggaraan TI.
  • Optimalisasi pencapaian value dari penyelenggaraan TI untuk internal manajemen dan pelayanan publik.
  • Publik mendapatkan mutu pelayanan yang lebih baik.
  • Merupakan fungsi social control yang transparan dengan kriteria yang jelas dalam penyelenggaraan TI.

Siapa yang membutuhkan?

  1. Instansi pemerintah seperti Kementrian ataupun Pemda salah satu penilaian tata kelola yang baik adalah adanya Tata Kelola Teknologi Informasi. Di mana prinsip penerapan Good Corporate Governance dalam pengelolaan manajemen dan proses bisnisnya salah satunya diwujudkan dengan adanya implementasi Tata Kelola TI di kementrian atau instansi pemerintah tersebut.
  2. Tata Kelola TI juga telah menjadi peraturan yang di wajibkan oleh pemerintah terhadap perusahaan yang statusnya milik negara sesuai dengan ketentuan PER-02/MBU/02/2018 tanggal 12 Pebruari 2018, tentang Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Dimana wajib hukumnya perusahaan BUMN menerapkan Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi dan mengirimkan bukti laporan hasil auditnya secara berkala kepada kementrian BUMN.
  3. Pada perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia serta OJK juga mewajibkan adanya Tata Kelola Teknologi Informasi bagi perusahaan tersebut. Khususnya Tata Kelola Teknologi Informasi yang berkaitan dengan Keamanan Sistem Informasi. Dimana secara berkala mereka harus menyerahkan laporan hasil audit terhadap sistem keamanan informasi yang dimilikinya.
  4. Penerapan Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi adalah satu unsur dari penerapan Good Corporte Governance (GCG) tanpa adanya penerapan ini maka perusahaan atau organisasi yang bersangkutan belum dapat dikatakan telah menerapkan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas seperti yang diamanahkan dalam GCG. Oleh sebab itu, penerapan Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi dalam proses bisnis perusahaan menjadi aspek penting dalam mewujudkan organisasi yang terbuka,kredibel, dan akuntabel.

Tujuan Tata Kelola TI

Tujuan penerapan Tata Kelola TI dapat dibedakan berdasarkan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek Tata Kelola TI dapat digunakan untuk menekan biaya operasional TI dengan cara mengoptimalkan operasi-operasi yang ada di dalamnya. Sedangkan dalam jangka panjang penerapan Tata Kelola TI membantu perusahaan untuk tetap fokus terhadap nilai strategis TI dan memastikan penerapan TI tetap mendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.

Khusus bagi perusahaan BUMN, tujuan implementasi Tata Kelola TI salah satunya adalah untuk memenuhi ketentuan dari PER-02/MBU/02/2018 tanggal 12 Pebruari 2018, tentang Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Di mana setiap perusahaan BUMN wajib menerapkan Prinsip Tata Kelola TI di lingkungan perusahaannya sebagai salah satu bentuk implementasi Good Corporate Governance.

Mengapa Tata Kelola TI Penting?

  1. Penerapan Tata Kelola TI Menghemat Biaya
    Menjalankan proses-proses teknologi informasi secara umum memerlukan biaya yang tidak sedikit. Implementasi Tata Kelola TI menurut ISACA telah menurunkan biaya-biaya yang terkait proses TI hingga hemat sampai 20-30%.
  2. Berinvestasi Infrastruktur TI Sesuatu yang Mahal
    Tata Kelola TI memastikan keselarasan antara proses bisnis dengan proses-proses TI yang mendukungnya. Penerapan Tata Kelola TI kita memastikan bahwa investasi TI digunakan untuk mensupport aktivitas proses bisnis.
  3. Ruang Lingkup Penggunaan TI yang Luas
    Adanya penerapan Tata Kelola TI memastikan semua pihak dalam organisasi menjadi lebih sadar, punya kepedulian serta tanggungjawab terhadap pemanfaatan TI untuk kepentingan bisnis bersama.
  4. Hadirnya TI Memberikan Peluang Sekaligus Ancaman
    Teknologi informasi tanpa Tata Kelola TI yang baik bisa menjadi ancaman yang berbahaya bagi kelangsungan bisnis organisasi. Penerapan Tata Kelola TI adalah bagian dari upaya untuk memastikan bahwa kita telah berupaya untuk meminimalisasi risiko dan berupaya dengan sungguh-sungguh dalam mengoptimalisasi peluangnya.
  5. Fungsi TI yang Vital Bagi Perusahaan
    Saat ini TI telah menjadi bagian kritikal dari organisasi, Bisa dibayangkan bila internet mati, proses bisnis tidak bisa berjalan karena aplikasi disimpan di cloud yang pada gilirannya bisa menghambat kinerja dan produktivitas perusahaan. Lebih dari itu bahkan menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. 
  6. Keterbatasan Top Level Management
    Pada perusahaan yang besar terkadang Top Management sangat sibuk sekali seringkali proses pengambilan keputusan terkait implementasi teknologi informasi menjadi terhambat. Adanya Tata Kelola TI bisa menjadi panduan bagi para eksekutif dalam mengambil keputusan yang cepat terkait teknologi informasi seperti investasi, penambahan atau pengurangan service, dsb dengan tetap selaras dengan tujuan dan strategi bisnis perusahaan.

Benefit Tata Kelola TI Menggunakan Kerangka Kerja COBIT

Bagi organisasi yang menerapkan Prinsip Tata Kelola TI dengan framework COBIT maka secara umum telah melaksanakan seluruh framework atau standarisasi yang dikenal mapan saat ini. Karena sifat COBIT yang holistic dan integralistik sehingga seluruh domain dan proses dalam COBIT bisa di mapping ke beberapa framework atau standarisasi tersebut. Dengan kata lain hampir semua aspek seperti : kebijakan, prosedur, aktivitas bahkan hingga output dokumen dari berbagai model tersebut telah terpayungi dalam framework COBIT. Dengan demikian saat proses pengajuan sertifikasi untuk standarisasi-standarisasi tersebut akan jauh lebih mudah di raih karena secara tidak langsung telah direalisasikan dalam proses implementasi Tata Kelola TI berbasis COBIT.

Kontak Kami 

Informasi lebih lanjut mengenai layanan konsultasi, audit, dan training Tata Kelola Teknologi Informasi silahkan kontak kami :

  • Alamat Email : sales@computindo.net
  • Telp./WA : 081219247878

***